Sabtu , 24 Februari 2024

Laptop dengan fitur pengaturan touchpad tap and drag

Touchpad pada laptop merupakan fitur yang memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan laptop tanpa menggunakan mouse eksternal. Namun, terkadang pengguna merasa kesulitan dalam menggunakan touchpad karena sensitivitas yang terlalu tinggi atau rendah dan kurangnya fitur pengaturan. Hal ini membuat produsen laptop berlomba-lomba untuk menghadirkan fitur-fitur baru pada touchpad, salah satunya adalah pengaturan tap and drag. Apa itu tap and drag dan bagaimana pengaruhnya pada penggunaan touchpad pada laptop? Simak penjelasannya di bawah ini.

Apa Itu Fitur Tap and Drag pada Touchpad?

Tap and drag adalah fitur pada touchpad yang memungkinkan pengguna melakukan klik dan drag pada suatu objek dengan hanya menggunakan satu jari. Saat pengguna menekan touchpad dengan satu jari dan menahan beberapa detik, touchpad akan mengenali gerakan tersebut sebagai klik dan drag. Fitur ini sangat berguna untuk menggeser dokumen, memilih teks, atau menggambar pada aplikasi yang membutuhkan penggunaan mouse.

Keuntungan Menggunakan Fitur Tap and Drag pada Touchpad

Fitur tap and drag pada touchpad memberikan beberapa keuntungan bagi pengguna, antara lain:

1. Menghemat Waktu

Dengan fitur tap and drag, pengguna dapat melakukan tugas lebih efisien dan cepat. Tidak perlu lagi menggerakkan pointer mouse ke tombol klik kiri atau kanan, cukup dengan menekan touchpad dan menahan beberapa detik.

2. Mengurangi Kelelahan Pada Tangan dan Pergelangan Tangan

Memegang mouse terus menerus dapat menyebabkan kelelahan pada tangan dan pergelaangan tangan. Dengan menggunakan fitur tap and drag pada touchpad, pengguna dapat mengurangi kelelahan pada tangan dan pergelaangan tangan karena tidak perlu lagi menggunakan mouse secara terus menerus.

3. Mempermudah Penggunaan Laptop di Mana Saja

Saat bepergian atau di tempat umum, pengguna laptop seringkali tidak membawa mouse eksternal. Dengan fitur tap and drag pada touchpad, pengguna tetap dapat melakukan tugas-tugas yang membutuhkan mouse dengan mudah dan cepat.

Cara Mengaktifkan Fitur Tap and Drag pada Touchpad

Setiap produsen laptop memiliki cara yang berbeda untuk mengaktifkan fitur tap and drag pada touchpad. Berikut adalah cara mengaktifkan fitur tap and drag pada beberapa merek laptop:

1. Dell

Untuk mengaktifkan fitur tap and drag pada touchpad Dell, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan ikon touchpad pada taskbar dan pilih Touchpad Properties.
  2. Pilih tab Gestures.
  3. Pilih Tap and Drag dan klik Apply.

2. HP

Untuk mengaktifkan fitur tap and drag pada touchpad HP, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Control Panel dan klik Mouse.
  2. Pilih tab Touchpad.
  3. Pilih Tap and Drag dan klik Apply.

3. Asus

Untuk mengaktifkan fitur tap and drag pada touchpad Asus, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik kanan ikon touchpad pada taskbar dan pilih Properties.
  2. Pilih tab Scroling.
  3. Pilih Tap and Drag dan klik Apply.

Kelemahan Menggunakan Fitur Tap and Drag pada Touchpad

Meskipun memiliki beberapa keuntungan, penggunaan fitur tap and drag pada touchpad juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain:

1. Sensitivitas yang Tidak Sesuai

Sensitivitas touchpad yang tidak sesuai dapat membuat pengguna kesulitan dalam menggunakan fitur tap and drag. Jika sensitivitas terlalu rendah, touchpad tidak akan mengenali gerakan klik dan drag. Sebaliknya, jika sensitivitas terlalu tinggi, touchpad akan mengenali gerakan klik dan drag secara tidak sengaja.

2. Kurangnya Fitur Pengaturan

Tidak semua merek laptop menyediakan fitur pengaturan tap and drag pada touchpad. Hal ini membuat pengguna kesulitan dalam menyesuaikan sensitivitas dan kecepatan gerakan pada touchpad.

3. Pengaruh Pada Kesehatan Mata

Penggunaan touchpad terus menerus dapat menyebabkan mata cepat lelah karena pengguna harus fokus pada layar laptop dan touchpad. Hal ini dapat memicu munculnya gejala Computer Vision Syndrome (CVS) seperti sakit kepala, penglihatan kabur, dan mata kering.

Kesimpulan

Fitur tap and drag pada touchpad merupakan fitur yang berguna dalam menghemat waktu, mengurangi kelelahan tangan, dan mempermudah penggunaan laptop di mana saja. Namun, penggunaan fitur ini juga memiliki kelemahan seperti sensitivitas yang tidak sesuai, kurangnya fitur pengaturan, dan pengaruh pada kesehatan mata. Oleh karena itu, sebelum menggunakan fitur tap and drag pada touchpad, pengguna harus menyesuaikan sensitivitas dan kecepatan gerakan pada touchpad agar lebih nyaman dan tidak berdampak pada kesehatan.

FAQs

1. Apakah setiap merek laptop memiliki fitur tap and drag pada touchpad?

Tidak setiap merek laptop memiliki fitur tap and drag pada touchpad. Namun, sebagian besar merek laptop sudah menyediakan fitur ini pada touchpad-nya.

2. Bisakah sensitivitas touchpad diatur pada semua merek laptop?

Tidak semua merek laptop menyediakan fitur pengaturan sensitivitas pada touchpad. Namun, sebagian besar merek laptop sudah menyediakan fitur ini pada touchpad-nya.

3. Apakah penggunaan touchpad terus menerus dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS)?

Ya, penggunaan touchpad terus menerus dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS) karena pengguna harus fokus pada layar laptop dan touchpad.

4. Apakah penggunaan mouse eksternal lebih baik daripada touchpad?

Tidak ada jawaban pasti untuk pertanyaan ini karena tergantung pada preferensi dan kebutuhan pengguna. Namun, penggunaan mouse eksternal lebih nyaman dan ergonomis karena memungkinkan pengguna untuk menggerakkan mouse dengan tangan kanan atau kiri.

5. Apa yang harus dilakukan jika touchpad tidak mengenali gerakan klik dan drag?

Jika touchpad tidak mengenali gerakan klik dan drag, pengguna dapat menyesuaikan sensitivitas pada pengaturan touchpad atau membersihkan touchpad dari kotoran atau debu.

Video terkait : Laptop dengan fitur pengaturan touchpad tap and drag

Check Also

Membeli Laptop Bekas dengan Baik - Tips & Trik Terbaru

Membeli Laptop Bekas dengan Baik – Tips & Trik Terbaru

Pembelian laptop bekas bisa menjadi solusi alternatif bagi mereka yang tidak ingin membeli laptop baru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *