Tunggu, sedang memuat. . .

3 Aplikasi Penyimpanan Awan Terbaik Untuk iPhone

Data di iPhone menjadi hal yang penting untuk dijaga, mulai dari foto, video, hingga  dokumen berharga. Jika kamu pikir menyimpan data di iPhone saja sudah cukup, kamu salah. Ada banyak risiko yang bisa terjadi pada iPhone, mulai dari rusak atau hilang. Kamu pintar jika sudah melakukan pencadangan ke PC. Namun, penyimpanan ke PC kurang praktis dan tak dapat dilakukan setiap saat. Untuk itu, muncul penyimpanan awan (cloud) yang menghadirkan fitur auto-sinkronisasi data di mana pun dan kapan pun selama kamu terkoneksi dengan akses internet.

  1. iCloud

iCloud

Pengguna iPhone tentunya tahu bahwa penyimpanan awan ini sudah tersemat sejak pertama kali iPhone aktif. Kamu akan ditawarkan untuk menyimpan data, mulai dari foto, video, musik, aplikasi, hingga dokumen berharga lainnya. Kamu pun bisa mengakses data tersebut melalui iPad, iPod Touch, Apple TV, Mac, dan perangkat lain. Bisa juga dengan mengundang teman untuk melihatnya langsung dari iPhone kamu.

Kelebihan dari iCloud kamu bisa menggunakan fitur Family Sharing ke maksimal 6 anggota keluargamu. Kamu bisa berbagi iTunes, iBooks, dan aplikasi berbayar untuk dinikmati sekeluarga. Tentunya itu akan lebih menghemat. Adapun fitur canggih iCloud lainnya adalah menyimpan memo, kata kunci, dan mencari perangkat iPhone yang hilang. Kamu pun tak perlu meragukan keamanan dan privasi iCloud yang sudah terkenal di seluruh dunia karena tidak dapat dibobol.

Khusus foto, tersedia iCoud Photo Library untuk penyimpanan foto langsung dari perangkatmu dan akan diabadikan sesuai dengan tanggal dan tempat pengambilan gambar. Mengunggah dan melakukan sinkronisasi foto bisa langsung dari iPhone kamu. Namun mengingat ukuran foto yang besar, sebaiknya kamu memastikan paket internet kamu cukup. Pastikan kamu memilih paket internet dengan kuota besar. Kamu bisa membelinya langsung dari operator selulermu, atau bisa beli paket di Traveloka.

Traveloka menyediakan paket internet dan pulsa beragam nominal dari beragam operator. Dengan banyaknya kuota internet yang kamu punya, kamu tak perlu khawatir fotomu akan hilang karena sudah tersinkronisasi dengan iCloud.

Namun iCloud hanya menawarkan memori 5GB saja untuk versi gratisnya. Sementara, jika kamu ingin berlangganan per bulan, kamu harus membayar paling murah RP15ribu untuk berlangganan 50GB per bulan. Sementara, paling mahal bisa mencapai Rp299ribu per bulan untuk 2TB.

  1. Dropbox

Dropbox

Dropbox menjadi aplikasi penyimpanan awan yang lebih dahulu populer. Awalnya rilis pada 2007, kini telah memiliki pengguna lebih dari 500juta di seluruh dunia. Berawal dari auto-sinkronisasi versi desktop, Dropbox kini merambah ke telepon pintar, termasuk iPhone. Dropbox ideal untuk menyimpan dokumen berharga, seperti tugas kuliah maupun dokumen kantor. Kamu pun bisa mengakses, membuka dan mengirim dokumen kamu kapan pun dan di mana pun.

Gagasan ini berawal saat Drew Houston, founder Dropbox, yang seringkali lupa membawa USB flash drive untuk menyimpan tugas kuliahnya selama di MIT. Dia pun berinisiatif membuat Dropbox dan akhirnya mulai menyebarkan kemudahan ini ke seluruh penjuru dunia.

Untuk pengguna baru, kamu akan mendapat 2GB gratis untuk menyimpan data berhargamu. Tidak hanya itu, kini Dropbox juga mendukung untuk penyimpanan foto melalui iPhone dalam folder “Camera Uploads”. Kamu akan mendapat ekstra 500MB untuk foto pertama dan 3GB jika pengguna menggunakan metode yang sama untuk mengunggah foto.

  1. Google Drive

Google Drive

Google sebenarnya memiliki dua fitur canggih, yakni Google Cloud dan Google Drive. Google Drive lebih populer karena memudahkan pengguna untuk berbagi dokumen kerja langsung, seperti Google Doc dan Google Sheet. Google Drive sangat praktis karena terintegrasi dengan surel Gmail. Kamu bisa mengundang rekanmu untuk berbagi dokumen pekerjaan dan mengerjakannya bersama secara daring.

Google Drive menyediakan ruang penyimpanan yang sangat besar, yakni 15GB dan bisa bertambah dengan berlangganan setiap bulan. Google Drive pun memiliki fitur Google Photo. Kelebihan dari Google Photo daripada aplikasi penyimpanan awan lain adalah kamu bisa mengungah foto dengan tanpa batasan, meskipun kualitas foto sedikit dikompres. Namun dengan fitur ini kamu bisa leluasa mengunggah foto tanpa khawatir kuota penyimpananmu berkurang atau habis.

Pencarian Paling Populer

  • apa yang kamu ketahui tentang vivo